.
Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net
    15 New Post
    15 Popular Post
    Online Buisiness
    Web Payment Processor
    PC/Laptop/Softwarenya
    Koneksi/Jaringan/Internet
    Sitemap

Join The Community

Traffic Exchange with 160,000+ members

E-Currency, E-Payment dan Web Payment Processor

Apa itu eCurrency, ePayment dan Web Payment Processor ?

eCurrency atau sering dikenal dengan (electronic money, electonic currency, digital money, digital currency), didalam bahasa indonesia bisa diartikan uang digital, yang artinya uang yang hanya bisa digunakan secara elektronik(Internet).

Fungsinya adalah untuk melakukan E-Payment yaitu pembayaran ke situs/pedagang di internet, atau sebaliknya untuk menerima pembayaran. Jadi kegunaanya ecurrency ini hampir sama dengan uang biasa, namun tidak dalam bentuk real/fisik tapi dalam bentuk digital/angka dan hanya bisa untuk E-Payment saja. Karena hanya bisa ditukar/transfer lewat internet saja maka setiap ecurrency pasti memiliki sebuat website yang gunanya untuk mengkases account kita dan didalamnya terdapat fungsi finansial(Lihat saldo, transfer, history) untuk melakukan E-payment. Website yang menerima E-Currency dan dapat melakukan E-Payment bisa kita sebut sebagai Web Payment Processor.



Nah anda ingin tahu berapa banyak Web Payment Processor yang menerima ecurrency dan dapat melakukan e-payment? sampai saat ini sudah banyak sekali ecurrency di internet, beberapa Web Payment Processor yang umum dipakai oleh orang Indonesia untuk melakukan eProcessor adalah:

Internasional Web Payment Processor :
1. Paypal
2. Payza
3. Moneybookers/Skrill
4. Perfect Money
5. Web Money
6. Netteler
7. OkPay
8. EgoPay
9. SolidTrustPay

Local Web Payment Processor :
1. KasPay
2. I-Koin

Silahkan anda coba lihat terlebih dahulu, untuk memberikan gambaran awal.


Mengapa orang menggunakan Web Payment Processor ?

Alasan mendasar adalah supaya Cepat, Murah, Aman :
Semisal Anda hendak membayar pesanan Anda, Anda bisa membayar secara offline yaitu transfer valas ke luar negri(wire transfer), namun tentunya ini akan memakan waktu 3-5 hari, dan biaya cukup mahal 25-35$. Atau Anda bisa juga membayar dengan cara lewat Kredit Card, namun karena masih banyaknya kejahatan internet dengan cara ini kurang memberikan rasa aman bagi kita. Nah dengan menggunakan 
Web Payment Processor ini waktu kirim adalah langsung, selama transaksi sudah final, dana bisa langsung masuk ke tujuan. Biaya relatif murah biasanya 1% dari jumlah. Dan juga relatif lebih aman, karena tidak menggunakan kredit card.

Bagaimana cara menggunakan eCurrency di 
Web Payment Processor ?

Pertama - tama sebelum anda dapat menggunakannya tentunya Anda harus mendaftar ke Web Payment Processor tersebut. Dan rata-rata untuk registrasi ini adalah gratis. Setelah Anda terdaftar maka kita akan mendapatkan no account Web Payment Processor  Nah nomer inilah sebagai no pengenal untuk menerima transfer atau nomer asal transfer. Jadi semisal anda ingin melakukan pembayaran ke situs tertentu(Anda membeli barang), anda tinggal mentransfer dari no account(balance) anda ke no account situs tersebut.
Demikian pula sebaliknya jika anda memiliki situs, Anda tinggal menginformasikan no account milik anda yang nantinya kustomer/pembeli akan mentransfer ke no account anda. Kesimpulan, bahwa dari kedua pihak harus telah memiliki account di 
Web Payment Processor tersebut.
Seperti pada umumnya account ini adalah bersifat pribadi, dilengkapi dengan password, yang artinya bahwa hanya anda pemiliknya dan hanya anda yg berhak dan bisa melakukan transfer.

Mengisi dana/saldo eCurrency 

Tentunya pertama kali setelah anda mendaftar account anda saldonya/balance = 0. Ini artinya account anda dananya masih 0, jadi jika anda membayar atau transfer ke account lain tidak bisa karena dana masih kosong. Lalu bagaimana kita mengisi dana. ada 2 cara yaitu :

1. Dengan membeli ecurrency dari exchanger atau pengguna lain. 

2. Deposit menggunakan Bank Account atau Credit/Debit Card anda.

Penjelasan cara 1 :

Nah disini kita mengenal exchanger(pihak ketiga) yang fungsinya adalah memperjual belikan ecurrency ini. Jadi saat anda membeli ecurrency maka exchanger akan mentransfer dana dari accountnya ke account anda. Dan saat anda jual maka anda akan mentransfer dari account anda ke account exchanger. Nah untuk pembayaran biasanya menggunakan transfer bank lokal(rupiah) untuk kemudahan. Karena satuan dana di 
Web Payment Processor biasanya dalam dollar, maka exchanger juga memiliki selisih kurs/rate jual beli, yang juga menjadi keuntungan bagi jasa exchanger tersebut.
Yang perlu diperhatikan adalah bahwa exchanger tidak sama dengan 
Web Payment Processor  antara exchanger dan anda adalah sama-sama pengguna/konsumen dari Web Payment Processor yang bersangkutan

apakah harus mengisi/membeli dana lewat exchanger ?

tidak wajib, anda bisa mendapatkan atau membeli dari teman, kerabat, dan siapapun, selama di account mereka telah ada dana yang bisa ditransferkan ke account anda.

Penjelasan cara 2:

Cara ini adalah dengan membeli langsung ke 
Web Payment Processor nya, biasanya untuk pembayaran adalah dengan wire transfer(kiriman valas). Namun cara ini memakan waktu lebih lama dan jadi mahal karena ada chargenya(ongkos wire). Dan juga ada ketentuan jumlah minimal ordernya. Tetapi tentunya kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Demikian pula Anda bisa juga mencairkan/menarik dana anda, caranya adalah dari Web Payment Processor akan mengirimkan wire ke bank anda. 

Selain Bank Wire, ada cara yang cepat dan efisien yaitu menggunakan Credit/Debit Card anda. Cara ini sangat cepat, karena anda cukup mengisikan data Credit/Debit Card anda di Web Payment Processor. Lalu mengisi nominal pengisian saldo akun anda, dalam sekejap saldo anda sudah terisi dengan nominal yang anda inginkan.

Apakah aman mengisikan data Credit/Debit Card di Web Payment Processor?
Aman atau tidaknya itu tergantung dari anda menjaga kerahasian akun anda. Dan seberapa seberapa sering anda mengupdate data akun anda .

Bagaimana melakukan transfer eCurrency ?

 Pada setiap Web Payment Processor pasti memiliki menu/fungsi untuk transfer dan penggunaannya biasanya mudah dan sederhana(seperti lewat ATM), yaitu dengan mengisi data : no account asal(anda), no account tujuan, jumlah dana, satuan mata uang, dan keterangan. 
Dan biasanya setelah transaksi selesai, selalu ada bukti transaksi(bisa berupa no, id, dsb) yang membuktikan dana telah berhasil ditransfer.
Dan transaksi transfer tersebut selalu dicatat, yg biasanya bisa anda lihat lewat menu history.
Perhatikan : Biasanya 
Web Payment Processor mengambil fee(biaya) saat terjadi transfer, nah aturan fee ini bermacam-macam tergantung dari masing-masing Web Payment Processor  Ada yg dikenai di pihak pengirim ada yg di penerima atau 50-50. Dari fee inilah yang menjadi keuntungan ecurrency.

Keamanan menggunakan 
Web Payment Processor.

Sebelum anda menggunakan atau memilih Web Payment Processor  ada baiknya Anda memilih Web Payment Processor yang bagus track recordnya. Tidak ada salahnya Anda tanya dulu ke teman, atau baca di forum/artikel dsb. Setidaknya cari Web Payment Processor yg sudah berumur beberapa tahun dan umum dipakai, sehingga jika ada kabar mengenai Web Payment Processor tersebut kita cepat mengetahuinya, mengingat tidak adanya jaminan bahwa Web Payment Processor ini bisa selamanya eksis.
Web Payment Processor umumnya telah dilengkapi dengan security tingkat tinggi, dan standar enkripsi. Namun demikian tidaklah dapat dijamin 100%.
Faktor yang sering menjadi kelemahan adalah di pihak kita(sistem dari pengguna). Dan disinilah biasanya penyusup memanfaatkannya untuk mengambil alih(hack) account kita, dan mencuri dana kita.

Untuk itu beberapa tips agar account anda tetap aman :

  • Amankan user dan password ataupun data2 pribadi anda.
  • Amankan komputer yg dipakai (security update, firewall, anti virus, anti spyware)
  • Berhati-hati setiap mendapatkan informasi, perhatikan asal-usul dan tujuan dengan jelas, misalnya : informasi email palsu, mengatasnamakan ecurrency meminta kita mengupdate data/pwd dsb. Tujuan adalah supaya kita mengunjungi situs palsu dan saat kita mengupdate di situs palsu tersebut, data kita dicuri, termasuk password didalamnya.
  • Pastikan bahwa url yg anda tuju adalah website ecurrency.
  • Jangan menggunakan komputer umum.
Untuk panduan di ecurrency (liberty reserve, webmoney) lebih detail dapat dibaca disini.- Panduan webmoney
Share this artikel:
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Twit This!
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Post a Comment